Sabtu, 17 Maret 2012

Dakwah

Dakwah merupakan salah satu kewajiban seorang muslim. Karena sesungguhnya Allah swt mengutus para nabi dan rasul agar menyeru manusia untuk menyembah Allah swt. Kini, para nabi dan rasul telah tiada, maka ummat Islamlah yang mewarisi tugas mereka, menyeru ummat manusia pada kebaikan dan ketakwaan, serta mencegah mereka pada perbuatan yang mungkar.
Sungguh, melaksanakan dakwah itu hanya untuk kepentingan manusia itu sendiri di dunia ini. Hal ini sebagaimana yang diisyaratkan dalam firman Allah swt surat al-Anfal ayat 24. Bahwa seruan Allah dan Rasul-Nya harus kita sambut, karena seruan itu mengandung "lima yuhyikum" yakni untuk sesuatu yang memberi kehidupan kalian.
Jika dakwah dapat memberi kehidupan pada manusia, lalu mengapa kita melalaikannya, sedang itu adalah memberi keuntungan pada kita. Jelas ketika kita melalaikan dakwah itu maka akan berdampak pada kerusakan yang akhirnya nanti akan menjadikan kebinasaan pada diri kita semua. Setelah kita mengetahui sedilit hal tentang dakwah, mari mulai dari diri kita agar bisa menjalankan dakwah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar